Peringatan Hari Ozon Internasional

Hari Ozon Internasional yang jatuh pada tanggal 16 September diperingati setiap tahunnya dengan harapan bisa semakin meningkatkan kesadaran manusia akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, termasuk menjaga kelestarian lapisan ozon bumi.

SMP Strada Mardi Utama I ikut serta dalam memperingati Hari Ozon Internasional dengan beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 20 September 2019. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah gerakan pengurangan sampah plastik dengan cara membawa botol minum sendiri dari rumah. Gerakan ini dilaksanakan oleh seluruh siswa-siswi kelas 7, 8, dan 9, serta para guru dan karyawan. Kegiatan kedua adalah pemadaman AC (air conditioner) yang ada di ruang guru dan meminimalkan pemakaian lampu dalam ruangan. Kegiatan ini ditujukan untuk mengurangi pemakaian daya listrik dalam satu hari.

Kegiatan yang ketiga adalah penanaman tanaman di lingkungan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, perwakilan pengurus OSIS dan perwakilan Dewan Penggalang. Penanaman tanaman di lingkungan sekolah diharapkan dapat menambah ruang hijau yang dapat membantu kelestarian lingkungan hidup. Kegiatan keempat adalah pembuatan poster yang berkaitan dengan peringatan Hari Ozon Internasional. Kegiatan pembuatan poster ini dilakukan oleh seluruh siswa-siswi SMP Strada Mardi Utama I dengan cara berkelompok, di mana setiap kelompok beranggotakan tiga sampai lima orang siswa-siswi. Kegiatan ini bertujuan sebagai media menuangkan kreativitas siswa-siswi dalam bentuk poster, serta untuk menyuarakan keprihatinan terhadap pengurangan lapisan ozon yang terjadi akibat dari pemanasan global.

SMP Strada Mardi Utama I memiliki harapan dengan melaksanakan peringatan Hari Ozon Internasional dapat mengajak banyak orang semakin memiliki pemikiran terbuka tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dengan kegiatan-kegiatan sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pengurangan sampah plastik, pengurangan pemakaian daya listrik, dan penanaman tanaman hijau, kita bisa ikut terlibat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Sebarkan artikel ini